Anak Panah di Tangan Pahlawan

Anak Panah di Tangan Pahlawan

Bagai anak panah di tangan pahlawan. Anak-anak itu anak panahnya, orang tua pahlawannya. Terus sasarannya apa?

Parents pasti pernah mendengar ayat Firman Tuhan ini:

Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Mazmur 127:4

Kalau membaca dari ayat 1 dan meneruskan membaca keseluruhan perikop, maka kita akan mudah mengerti bahwa sasaran dari anak-anak panah di tangan pahlawan ini adalah untuk dilesatkan mencapai tujuan Tuhan.

Bukan ambisi orang tua. Bukan mimpi orang tua yang tak tercapai. Bukan rencana orang tua yang sepertinya baik. Juga bukan sebebas-bebasnya keinginan atau passion anak.

Tapi tujuan Tuhan. Maksud Tuhan. Rencana-Nya. Itu yang terpenting, terutama dan satu-satunya. Kristus adalah nilai tertinggi kita.

Untuk mencapai itu, parents perlu mengasah anak panah, melatih kemampuan memanah dan fokus pada sasaran. Tapi yang paling penting dari semua itu adalah mengerti apa yang jadi kehendak Tuhan.

Kita bisa punya anak panah itu karena anugerah-Nya. Kemampuan memanah berasal dari Dia. Sasaran juga dari ketetapan-Nya.

Mengerti kehendak Tuhan menjadi kunci utama dalam urusan memanah eh mendidik anak ini. Temukan kehendak-Nya dari Firman-Nya. Doa dan baca Alkitab jadi sarana yang Tuhan sediakan untuk memahami isi hati-Nya.

Mari mengajar anak untuk mengikut Yesus. Melatih mereka mempertanggungjawabkan pengharapan di dalam Kristus. Sambil terus berpegang pada pedoman kebenaran sejati dari Firman Tuhan.