Sudah Melatih Kerohanian Anak Dalam 3 Hal Ini?

Sudah Melatih Kerohanian Anak Dalam 3 Hal Ini?

Parents sudah melatih kerohanian anak dalam 3 hal ini?

  1. Doa
  2. Baca Alkitab
  3. Taat Firman Tuhan

Ayo ajak mereka berlatih! Mungkin selama ini parents hanya menyuruh mereka melakukannya. Semoga tidak seperti itu ya? Mereka mau berlatih kalau pelatihnya juga ikut terlibat. Sama seperti pemain sepak bola yang lebih bersemangat ketika ada pelatih yang mendampingi saat sesi training.

Ada juga parents yang sudah menunjukkan teladan, itu baik sekali. Tapi ingat untuk memberikan alasan mengapa parents melakukannya. Memberi contoh yang baik dan benar hanya akan dipandang sebagai kebiasaan jika anak tidak paham mengapa parents melakukan itu. Mereka generasi Z dan Alpha, butuh sekali jawaban dari pertanyaan why

Konyol sih kalo parents sendiri tidak tahu alasan dari melakukan disiplin rohani. Tentu saja sebagai bentuk ucapan syukur dan kasih kepada Tuhan Yesus yang lebih dahulu mengasihi parents. Bukan untuk mendapatkan perkenanan Tuhan, tapi karena sudah diangkat jadi anak-anak-Nya.

Satu hal lagi yang sering luput dari pandangan. Semoga parents tidak kelolosan. Menuntut konsistensi dari anak secara berlebihan. Lupa kalau kita semua manusia yang lemah, terbatas dan berdosa. Inkonsistensi bisa saja terjadi. Tapi Kristus sudah menebus dan menyelamatkan kita. Roh Kudus akan mengingatkan tentang ini. Tidak perlu menuduh atau sampai menghakimi anak karena dia tidak konsisten menjalankan latihan rohani.

Bukannya baru saja parents juga tidak konsisten mengampuni, mengasihi dan membagi kasih karunia pada anak? Kapan? Ya ketika menuntut konsistensi berlebihan dari mereka. Saat itulah parents tidak konsisten mempraktikkan kasih Yesus.

Selamat melatih dan ikut terlibat dalam disiplin rohani anak sambil mengarahkan mereka untuk mengandalkan kekuatan Tuhan.

Semakin menyadari kasih Kristus, semakin mudah mencintai-Nya.

 

Simak juga kata bijak lain:

Tambatan Kasih Karunia

Naungan Kasih

Suka Belajar Alkitab