Mencari dan Memohon Petunjuk Tuhan

Mencari dan Memohon Petunjuk Tuhan

Dalam kepanikan dan ketakutan, menghadapi berbagai bahaya dan ketidakpastian, apa masih mencari dan memohon petunjuk Tuhan?

Daud percaya bahwa di hadapan wajah Tuhan, dia pasti aman, seperti kata pujiannya:

Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.

Mazmur 34:5

Seberapa jauh parents mengalami arti dan pentingnya mencari Tuhan? Daud mengajak umat Tuhan agar tidak mengandalkan diri sendiri dalam menjalani persoalan berat. Parents bisa membacanya di Mazmur 34.

Tuhan berkali-kali meluputkan Daud dari bahaya maut. Daud mengalami pemeliharaan Tuhan setiap waktu. Seperti kita, Daud juga berulang kali mencari jalan sendiri, namun dalam perenungannya kita bisa menemukan kalau dia kembali pada Tuhan. Daud mencari Tuhan. Bagaimana dengan kita?

Mencari dan memohon petunjuk Tuhan bisa parents lakukan dengan berdoa dan membaca Alkitab.

  • Luangkan waktu untuk berdoa sendiri atau bersama pasangan. Jika perlu di dalam kamar, di luar rumah, di dalam kendaraan, di tempat yang agak sepi, di manapun. Ambil waktu hanya berfokus pada Tuhan. Kadang tidak perlu berdoa minta ini itu, tapi hanya menyampaikan isi hati pada Tuhan. Lalu diam. Tenangkan hati.
  • Setelah itu buka Alkitab. Baca berkali-kali. Baca perlahan-lahan. Resapi kata demi kata. Dengarkan Tuhan berbicara melalui firman-Nya yang tertulis.
  • Ambil waktu hening lagi. Bagian mana dari Firman Tuhan yang berbicara pada kita?
  • Renungkan bersama pasangan. Diskusi dan bagikan pengalaman bersama Tuhan mengenai ayat yang dibaca tadi dengan pasangan.
  • Doa bersama. Minta Tuhan untuk menolong kita melakukan apa yang Dia sampaikan.

Petunjuk-Nya tersedia di Alkitab. Tinggal buka saja.

 

Baca juga kata bijak ini:

Percayakan pada Tuhan.

Waktu takut, percaya pada-Nya.

Tuhan Yesus ada dalam rasa sakitmu.