Perselingkuhan Terjadi di Kepala Dulu

Perselingkuhan Terjadi di Kepala Dulu

Di mana awal perselingkuhan terjadi? Chat, reuni, makan siang, perjumpaan tak sengaja atau hasutan teman? Ternyata awalnya dari sini.

Charles Rozell Swindoll, atau dikenal dengan nama Chuck Swindoll, 87 tahun, seorang pendeta kristen injili, penulis pengajar dan pengkhotbah radio, mengatakan,

Adultery occurs in the head long before it occurs in the bed.

Perzinahan muncul di pikiran jauh sebelum di tempat tidur. Perselingkuhan itu awalnya di dalam hati. Membandingkan pasangan dengan orang lain. Meninjau ulang pilihan-pilihan lain. Berandai-andai jika tidak memilih pasangan yang sekarang. Mengarahkan hati pada keinginan diri sendiri, bukan pada Tuhan lagi, sambil memalingkan fokus dari pasangan yang diberikan Tuhan.

Ini persis seperti Yakobus 1:14-15, Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. 

Bisa menjadi keinginan itu karena terus dipikirkan. Pernah ingat bagaimana kita tidak bisa melarang burung melintasi kepala, tetapi kita bisa melarangnya untuk membuat sarang di atas kepala kita?

Mungkin parents tergoda untuk membandingkan pasangan dengan orang lain. Bisa jadi pernah terlintas penilaian yang lebih baik tentang pria/wanita selain pasangan parents. Segera tepis pemikiran yang kacau itu. Ingat apa kata Firman Tuhan tentang apa yang harus dipikirkan? Filipi 4:8, Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Perselingkuhan itu benar? Apa mencurangi pasangan itu mulia? Adilkah menukar teman pewaris kasih karunia dengan orang baru? Perzinahan itu suci? Apa masih bisa bilang selingkuh itu manis? Akankah sedap didengar telinga orang yang belum mengenal Kristus jika kita tidak setia dengan pasangan? Patutkah pemuasan hawa nafsu di luar pernikahan disebut kebajikan dan patut dipuji?

Yesus peduli dan sayang kamu. Masa Dia yang setia tidak memampukanmu untuk setia dengan pasangan? Jangan sembunyikan sakit hati kalau memang ada kekecewaan dengan pasangan. Sampaikan dengan kasih dan bicarakan baik-baik dalam anugerah-Nya.

Selamat menjaga pikiran oleh kuasa Yesus Kristus yang nyata bekerja di dalam parents.