Yesus Kristus Lebih Utama Dari Segala Sesuatu

Yesus Kristus Lebih Utama Dari Segala Sesuatu

Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

Kolose 1:18

 

 

Yesus Kristus bangkit!

Parents tentu ingat kalau Yesus bangkit pada hari ketiga, Dia mengalahkan upah dosa, yaitu maut. Ada banyak hal yang parents tahu tentang kebangkitan.

Secara khusus dalam teks Alkitab di Kolose 1:18, kebangkitan Yesus menyatakan dua hal ini:

  1. Posisi Kristus sebagai Kepala Jemaat.
  2. Kebangkitan Kristus sebagai pokok kebangkitan.

 

Kristus Kepala Jemaat Penguasa Segala Sesuatu

Ini menunjukkan kalau Kristus memegang kendali atas segala sesuatu. Apapun yang terjadi dalam diri jemaat-Nya, Kristus yang menguasai. Ini penghiburan yang besar bagi kita. Kepala Gereja telah mengalahkan musuh terbesar yang manusia paling takuti, yaitu maut. Maka parents bisa tenang dalam menghadapi segala sesuatu. Termasuk ketika menghadapi penyebaran virus korona Covid-19.

Apapun yang terjadi dalam hidup parents yang kurang serius dibanding dengan kematian, misalnya kekecewaan, penyakit, penderitaan itu pasti semua juga dikalahkan oleh Kristus.

Bahkan jika parents harus menghadapi kematian, bisa yakin bahwa itu bukan akhir dari perjalanan, karena Kristus sudah mengalahkan kematian.

 

Kristus Pokok Kebangkitan Yang Utama

Sebelum Kristus bangkit, beberapa orang di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru sudah bangkit sebelum Kristus bangkit. Lalu mengapa Kristus disebut sebagai yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati.

Kata Yunani untuk sulung di sini berarti yang utama. Sulung di sini berbicara tentang keutamaan, bukan tingkatan waktu.

Kebangkitan Yesus dari sisi prioritas merupakan yang utama. Kebangkitan Kristus menjadi pokok yang utama dari semua orang yang percaya kepada-Nya.

Kematian sama sekali tidak akan menakutkan bagi orang yang percaya kepada-Nya. Karena setelah kematian, parents akan diberi kehidupan kekal yang penuh bahagia.


Melalui momen Paska ini, Pdt Yakub Tri Handoko, mengingatkan parents di tengah ketakutan dan kegelisahan karena wabah Covid-19 ini, bahwa Kristus adalah Kepala Jemaat yang telah mengalahkan kematian. Dia mengontrol segala sesuatu. Dia juga adalah pokok kebangkitan kita.

Kematian adalah sisipan dari dua kehidupan, kehidupan sekarang di dunia dengan kehidupan di surga kekal nanti.

 

Selamat Paska.

Jangan mau kalah dengan ketakutan karena Tuhan Yesus lebih utama dari segala sesuatu.