KISAH NYATA
10 Nasihat Ayah Yang John Piper Pelajari

Masih ingat nasihat ayah parents?

Apa yang paling parents ingat?

Apakah Papa mengarahkan parents pada Tuhan?

Benarkah dia menghidupi apa yang ia sampaikan?

Seberapa besar pengaruhnya dalam hidup?

 

John Piper, pendiri dan pengajar di DesiringGod.org, rektor di Betlehem College & Seminary yang telah melayani selama 33 tahun di Betlehem Baptist Church, Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat, telah menulis lebih dari 50 buku.

 

John hendak berbagi 10 nasihat Ayah yang ia pelajari.

1. Ketika Segala Sesuatu Tidak Berjalan Seperti Seharusnya, Tuhan Selalu Membuat Itu Untuk Mendatangkan Kebaikan.

Roma 8:28 selalu menjadi ayat paling terkemuka di keluarga kami seperti halnya dengan Yohanes 3:16. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan  bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil k sesuai dengan rencana Allah.

 

2. Tuhan Dapat Dipercaya.

Papa tidak pernah mengeluh tentang penyediaan Tuhan. Bahkan saat Tuhan memanggil Mama pulang pada usia 56. Mazmur 56:12. Kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

 

3. Orang-orang Terhilang dan Perlu Diselamatkan Melalui Iman Pada Yesus.

Ayah adalah seorang penginjil. Ketidakhadirannya di rumah sebanyak 2/3 dari hidup saya membuktikan dua hal. Neraka itu nyata dan mengerikan. Yesus adalah Juruselamat yang besar.

 

4. Hidup Itu Tidak Pasti. Hidup Itu Berharga. Jangan Mengira Kamu Akan Memilikinya Hari Ini. Jangan Menyia-nyiakannya Hari Ini.

Ibrani 9:27. Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali g  saja, dan sesudah itu dihakimi.

Amsal 27:1. Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.

 

5. Hati Yang Gembira Adalah Obat. Kristus Adalah Yang Paling Memuaskan Bagi Hati.

Ayah adalah laki-laki paling bahagia yang pernah saya temui. Di sebuah khotbah yang berjudul Diselamatkan, Aman, dan Puas, ayah berkata, “Dia adalah Tuhan. Ketika Engkau percaya sepenuhnya kepada-Nya, Engkau mendapatkan segala kepenuhan Tuhan dan yang Ia miliki. Engkau tidak bisa mempunyai perasaan selain puas, dengan kata lain, Engkau pasti puas, dengan kepenuhan Kristus yang sempurna.

 

6. Seorang Kristen Adalah Pelaku Bukan Seorang Yang Pasif.

Kami adalah fundamentalis tanpa sikap. Fundamentalis adalah seseorang yang percaya pada interpretasi literal dan ketat dari kitab suci suatu agama. Maksudnya kami punya daftar hal-hal yang penting. Namun itu bukan yang utama.

 

Tuhan adalah yang utama. Dia layak mendapatkan segala sesuatu.

 

7. Kehidupan Kristiani Itu Supranatural.

Kehidupan kristiani tidak mungkin dijalani tanpa Roh Kudus. Dia datang sebagai jawaban doa kita. Seingat saya, tidak ada satu malam pun di mana keluarga kami tidak berdoa bersama sejak saya masih kecil.

 

8. Doktrin Alkitab Itu Penting, Namun Jangan Mengalahkan Orang Dengan Itu.

Papa merintih karena sekolah-sekolah dan nenek-nenek yang memisahkan apa yang digabungkan oleh Alkitab: Sampaikan kebenaran dengan kasih.

“Kebenaran dan kasih. Suatu perkawinan dua hal yang baik. Jangan pernah pisahkan dua hal ini, Nak.” Begitu pesan Papa.

 

9. Hormati Ibumu.

Kalau kamu mau melihat Ayah marah, biarkan saya berbuat hal yang kurang ajar terhadap Ibu saya. Menghormati Ibu adalah perintah Tuhan. Ayah tahu bagaimana konsekuensi yang harus Ibu (nenek) bayar untuk melepaskannya.

 

10. Jadilah Sebagaimana Tuhan Membentukmu, Bukan Seperti Orang Lain.

Kalau kamu pendek, bentuklah sebuah tim “Kentang Kecil Yang Sulit Dikupas.” Papa tidak pernah menekanku untuk menjadi seorang pendeta. “Carilah kehendak Tuhan di atas segala sesuatu, Nak. Dan Jadilah sebagaimana Tuhan membentukmu.”

 

Itu 10 hal yang saya pelajari dari nasihat Ayah.

 

Nasihat Ayah seperti apakah yang parents ingat?

Wejangan apa yang ingin parents berikan untuk anak?

 

 

Jika John Piper mengingat nasihat ayahnya, parents juga bisa membaca tentang warisan tak terduga dari Billy Graham yang memberkati Harold Smith.

Selain pesan, parents juga sering mendoakan anak, bukan? Apa pokok doa parents sama dengan 7 hal yang Jon Bloom doakan untuk anaknya?

Untuk urusan pelajaran dari Ayah, parents bisa membaca kisah nyata Perjalanan Hidup Ayah Ortlund (Seri 1) dan (Seri 2).

 

 


Disadur dari Ten Lessons I Learned From My Father - DesiringGod.org

Bagikan Pendapatmu

BACK