Bersama Keluarga: Inilah 5 Cara Kreatif Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Bersama Keluarga: Inilah 5 Cara Kreatif Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
  • Sebentar lagi hari peringatan kemerdekaan negeri tercinta nih.
 Pada tahun-tahun sebelumnya, kami biasanya melakukan family getaway alias liburan singkat sehari bersama keluarga.
 Bersenang-senang di taman bermain, kolam renang, atau menonton bioskop. 

Kali ini kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda.

 Ada ide apa yang bisa kami lakukan sebagai keluarga untuk memperingati kemerdekaan? Papa Mama Patriot
  • Pdt Wahyu 'wepe' Pramudya menjawab, Dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ada dua hal sebagai parents yang dapat kita lakukan. Yang pertama, menolong anak menangkap arti kemerdekaan. Yang kedua, mengajar anak tentang apa artinya bernegara, yakni menjadi warga negara Indonesia.
  • Wah ternyata bisa sambil mengajar anak tentang makna kemerdekaan dan bernegara ya, Pak? Kami baru sadar... Ada ide mengajar makna kemerdekaan pada anak, Pak?
  • Anak-anak biasanya mengalami kesusahan untuk memahami sesuatu yang abstrak misalnya ‘kemerdekaan’. Tugas kita untuk membuat konsep yang abstrak ini menjadi lebih dekat dengan kehidupan anak-anak. Kita dapat memberikan gambaran lewat film-film perjuangan yang tersedia di YouTube. Menonton bersama film-film perjuangan, tentu saja dengan pendampingan dan penjelasan terkait dengan adegan-adengan tertentu, dapat membuat makna ‘kemerdekaan’ menjadi lebih konkret bagi anak-anak.
  • Jika di sekitar lingkungan parents tinggal ada pejuang kemerdekaan yang masih hidup, maka kunjungan ke rumah pejuang tersebut dapat dilaksanakan. Biarlah anak-anak mendengarkan kisah perjuangan dari pelakunya langsung. 
Selain menonton film perjuangan di YouTube, parents dapat mengajak anak-anak mengunjungi museum-museum yang ada. Anak-anak dapat melihat benda-benda sejarah yang terkait dengan perjuangan Indonesia. Bahkan bermain di tengah replika (atau malah ada museum yang menyediakan barang asli) mobil, pesawat, tank atau kendaraan militer lainnya.
  • Iya. Menjelaskan kemerdekaan pada anak memang tidak bisa hanya menggunakan kata-kata, tapi dengan menunjukkan makna langsungnya ya, Pak... Lalu apa lagi, Pak?
  • Wow! Seru tuh idenya! Mengunjungi veteran. Bermain ke museum. Kami akan coba, Pak.
  • Dua aktivitas ini, menonton fim perjuangan di Youtube dan mengunjungi museum, dapat mengisi waktu libur dengan cara yang berbeda dari yang sebelumnya. Oh ya, sebagai orang Kristen, parents bisa melihat momentum perayaan kemerdekaan ini juga sebagai kesempatan untuk mengajar tentang kebebasan yang kita dapatkan lewat kematian dan pengorbanan Yesus Kristus.
  • Iya ya, bisa menghubungkan dengan kematian dan pengorbanan Yesus yang memberi kebebasan bagi kita dari dosa dan bebas datang menghadap Tuhan kapan saja. Wah tambah asyik saja nih, Pak! Terus, terus, apa yang kedua tadi, Pak?
  • Kedua, momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah kesempatan yang baik untuk memperkenalkan arti bernegara dan menjadi warga negara pada anak-anak. Anak-anak perlu memahami bahwa Indonesia tercipta dari keragaman pemeluk agama dan aneka rupa budaya. Mereka bisa mengalami dan merayakan keragaman ini. Misalnya dengan mengikuti acara lomba-lomba yang diselenggarakan di pemukiman atau di lingkungan komunitas yang lain. Doronglah anak-anak untuk berkenalan dengan mereka yang berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang berbeda.
  • Oh iya, memperkenalkan arti bernegara. Ikut lomba biar bergaul dengan teman-teman dari golongan dan latar belakang berbeda supaya lebih sadar perbedaan dan toleran ya, Pak?
  • Iya. Membangun jembatan persahabatan dengan teman yang berbeda juga akan membuat wawasan anak makin luas. Mudah menerima perbedaan akan menolong mereka menjadi saksi Kristus bagi teman-temannya.
  • Benar, Pak!
  • Nah, jadi kita sudah mendapatkan beberapa aktivitas. 1. Menonton film perjuangan di YouTube 2. Bermain ke museum. 3. Mengujungi rumah pejuang kemerdekaan. 4. Mengikuti lomba yang ada di lingkungan tinggal. Ada satu hal lagi yang bahkan bisa dilakukan di dalam rumah sendiri. Berkaraoke bersama, menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan kemerdekaan, serta lagu-lagu daerah.
  • Asli ini ide-ide keren, Pak! Terima kasih.
  • Merdeka!