Apa Kami Perlu Merancang Resolusi Tahun Ini Bersama Keluarga?

Apa Kami Perlu Merancang Resolusi Tahun Ini Bersama Keluarga?
  • Saya dan istri biasa membuat resolusi pribadi dan sebagai pasangan. Berdoa bersama dan merancang banyak hal. Misalnya kapan waktu bepergian bareng, apa yang ingin kami capai bersama sebagai individu dan keluarga. Tapi sudah cukup lama kami tidak melakukannya. Sekarang kami ingin melakukannya sebagai keluarga bersama anak-anak. Apa kami perlu melakukan resolusi keluarga tahun ini? Ayah dan Ibu yang senang merancang.
  • Pdt Wahyu ‘wepe’ Pramudya menjawab, Resolusi adalah janji atau komitmen untuk melakukan sesuatu. Orang biasanya membuat resolusi menjelang akhir tahun untuk menyambut tahun yang baru. Tak ada yang salah membuat resolusi. Masalah seringkali muncul justru dalam eksekusinya. Mengapa sebuah resolusi tak tereksekusi? Ada banyak penyebabnya, mulai dari target yang terlalu berat sampai kehabisan ’bahan bakar’.
  • Iya, kami juga beberapa kali mengalami kesuliltan eksekusi resolusi, Pak.
  • Saya ingin menyarankan sebuah resolusi yang ringan terlebih dahulu. Misalkan resolusi untuk berdoa bersama keluarga setiap hari. Daripada membebani diri dengan resolusi untuk berdoa bersama tiap hari, mengapa tidak seminggu sekali? Lebih baik resolusi ringan namun tereksekusi. Daripada mengagumkan, namun nantinya hanya menghasilkan rasa bersalah.
  • Wah, kok tepat sekali, Pak! Rencana doa bersama sekeluarga setiap hari memang menjadi salah satu resolusi yang mau kami diskusikan dengan anak.
  • Sisi lain yang harus dilakukan sebelum berdoa bersama keluarga adalah menjelaskan tujuannya pada anak-anak. Kalau bisa berdoa sendiri, mengapa mesti berdoa bersama-sama? Juga mengatur soal peran anak dalam doa bersama itu. Mengapa fokusnya justru pada anak-anak? Karena pemahaman dan daya tahan anak dalam berdoa tentu saja berbeda dengan parents.
  • Tujuan melakukan doa bersama itu yang lebih penting untuk dijelaskan ya, Pak... Agar tidak sekedar menjadi rutinitas yang melelahkan dan membebani ya?
  • Tepat, parents! Manfaatkan momentum khusus untuk berdoa bersama, misalnya menyambut hari ulang tahun, perjalanan rekreasi, atau hal-hal istimewa lainnya. Tak perlu panjang, karena ini bukan ibadah gereja, namun yang penting mengesankan karena tiap anggota keluarga terlibat di dalamnya.
  • Mulai membiasakan berdoa pada momen-momen khusus. Sampai akhirnya menjadi sesuatu yang biasa dilakukan dan malah janggal jika tidak melakukannya ya... Benar juga. Maknanya harus ditekankan di depan agar tidak kehilangan tujuan.
  • Selamat mendiskusikan resolusi dan mendoakannya bersama keluarga!
  • Terima kasih, Pak. Kami doakan resolusi Bapak sekeluarga juga diberkati dan disesuaikan dengan kehendak Tuhan.