BUKU
Belajar Mengerti Remaja Lewat Film Dear Nathan Hello Salma
By Rapi Films

Sutradara: Indra Gunawan

Produksi : Rapi Films

Produser: Gope T Samtani
Penulis: Bagus Bramanti
Pemeran: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Susan Sameh, Devano Danendra, Surya Saputra, Karina Suwandi, Gito Gilas, Diandra Agatha, Rendy Jhon

Rating (Usia): 13+

Genre: drama

Bahasa: Indonesia

Durasi:  101 Menit

Trailer:



Menjadi teman bagi anak seusia remaja biasanya tidak mudah. Mengerti mereka saat sedang jatuh cinta hingga patah hati membutuhkan kesabaran khusus.

 

Banyak permasalahan klise relasi remaja dan orang tua yang akarnya adalah komunikasi. Mari belajar dari film Indonesia Dear Nathan Hello Salma, yang merupakan sekuel dari film sebelumnya berjudul Dear Nathan.

 

Film ini mencoba merangkum segala problematika remaja sampai relasi dengan orang tua. Bukan sekadar kisah remaja, namun banyak inspirasi yang bisa parents dapatkan dari permasalahan komunikasi dengan remaja.

 

Bercerita tentang Nathan dan Salma yang dilarang berpacaran oleh ayah Salma. Keduanya terpaksa tidak melanjutkan relasi ini hingga lulus SMA dan fokus dalam studi mereka.

 

Sementara Nathan melanjutkan hidupnya, Salma mengalami tekanan lain dari sang ayah yang ingin ia masuk jurusan Kedokteran. Ini tidak sesuai dengan cita-citanya masuk jurusan Sastra. Belum lagi paksaan sang ayah lainnya yang ingin ia berteman dekat dengan Ridho.

 

Berbeda dengan Salma, Nathan malah semakin positif hidupnya. Dia menolong seorang teman yang mau bunuh diri, memotivasi,  menyemangati, dan mendampinginya untuk menemukan kembali semangat hidup. Nathan yang kini memiliki relasi dekat dengan sang ayah ternyata berdampak luar biasa dalam hidupnya. Ia memang mendapatkan pendampingan penuh dari sang ayah.

 

Dalam kondisi depresi berat, Salma dipertemukan kembali dengan Nathan. Sebuah pilihan yang sulit keduanya untuk menjalin relasi kembali. Jika Nathan memaksa relasi itu, Salma harus meninggalkan keluarganya. Padahal keluarga adalah hal terpenting dari setiap orang.

 

Mengambil keputusan dan berbagai pilihan hidup adalah hal yang sering dihadapi remaja. Pada masa usia ini, mereka menghadapi banyak perubahan fisik. Tentu saja ini berdampak pada kondisi mental dan perasaan yang tidak stabil. Di sisi lain ada begitu banyak keputusan yang harus mereka ambil. Berteman dengan siapa, belajar atau bermain, pacaran atau tidak, aktivitas di depan komputer atau di luar ruangan, ikut pelayanan di gereja atau di sekolah, dan masih banyak lagi. Padahal mereka masih bingung tentang pertimbangan yang perlu diperhitungkan saat mengambil keputusan.

 

Salah satu bagian penting yang sangat memengaruhi mereka adalah parents. Bagaimana parents dapat mendampingi, mengerti mereka, dan tidak hanya menghakimi, apalagi menyalahkan. Masa remaja adalah masa terpenting bagi buah hati untuk masa pendewasaannya. Jangan tinggalkan mereka di masa ini.


Film ini bisa jadi pilihan untuk dating atau nonton bareng bersama anak remaja parents. Setelah menonton bersama mereka, diskusikan, ajak mereka ngobrol dan berpendapat. Ini bisa jadi quality time terbaik bersama mereka. Bahas apa yang menurut mereka baik dan buruk. Jadikan sebagai momen refleksi bersama. Selamat mendampingi remaja, parents!

Bagikan Pendapatmu