BUKU
Teacher's Diary: Tulisan Pemberi Semangat
By GTH

Teacher’s Diary

Thai: คิดถึงวิทยา (Kid Teung Wittaya)

 

Sutradara: Nithiwat Tharathorn

Produksi : GTH

Produser: Jira Maligool, Chenchonnanee Soonthonsaratul, Suwimol Techasupinan, Wanruedee Pongsittisak
Penulis: Sopana Chaowwiwatkul, Supalerk Ningsanond, Nithiwat Tharatorn, Thodsapon Thiptinnakorn
Pemeran:  Sukrit Wisetkaew, Chermarn Boonyasak, Sukollawat Kanaros

Rating (Usia): Bimbingan Orang Tua (10 tahun)

Genre: Drama

Bahasa: Thailand

Durasi: 110 menit

Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=ZC4aq1Jht3Q

Film: https://piay.iflix.com/movies/teachers-diary-2014-68287

 

Awalnya Pak Song hanya ingin melamar sebuah pekerjaan untuk menjadi guru. Dia bertugas di sebuah rumah kapal yang disulap menjadi sekolah. Ternyata kondisi yang sangat tidak memadai membuat dia kesulitan adaptasi. Apalagi di hari pertama tidak ada satu pun murid yang datang. Pak Song kemudian menemukan sebuah catatan harian yang ternyata milik Bu Ann, guru sebelumnya yang mengajar di sekolah tersebut.

 

Melalui diari ini, Pak Song belajar banyak bahwa menjadi seorang guru adalah sebuah panggilan. Ini yang mendasari Ibu Guru Ann mengajar di pedalaman Thailand tersebut. Sekolah terapung itu berisi murid-murid dengan pengetahuan tertinggal. Bu Ann susah payah berdaptasi dengan kondisi alam dan cuaca, sambil mencari banyak cara untuk mengajar murid-murid yang jumlahnya sedikit dengan segala keterbatasan mereka. Masalah pribadi Bu Ann membuat perjuangannya semakin tidak mudah.

 

Tulisan dalam diari ini ternyata membuat Pak Song menjadi sangat bersemangat. Awalnya guru muda ini hampir menyerah, namun semangat bu Ann yang tertuang dalam catatan harian itu mengobarkan kembali semangat besar dalam dirinya. Selain itu banyak pula pelajaran berharga yang dapat menginspirasinya dalam mengajarkan materi kepada para murid.

 

Film ini sungguh hangat dan menyentuh perasaan terdalam. Semangat juang Bu Ann yang tidak hanya fokus kepada hasil, namun juga menikmati proses mengajar hingga para murid dapat mengalami sendiri materi pembelajaran dengan cara paling sederhana.

 

Hasil itu dampak yang pasti dari proses.

 

Tetap semangat mendampingi anak-anak belajar, parents. Film yang mendapat rating 7.9 dari IMDB ini menunjukkan betapa kuatnya dampak tulisan seseorang dapat memberikan semangat, sukacita dan menguatkan orang lain.

 

Siap menjadi guru terbaik bagi anak-anak, parents?


Selamat menonton Teacher’s Diary.

 

 

Rekomendasi film lain yang cocok untuk menghabiskan waktu parents dengan anak:

The Battleship Island

The Underdogs

Bad Genius

Bagikan Pendapatmu