BUKU
Si Kecil Lebih Suka Meniru Daripada Disuruh
By Dharma Mulya

Parents tentu sering mengalami kesulitan saat meminta anak melakukan sesuatu. Kadang mereka menunda. Tidak jarang pula menolak melakukan permintaan. Ajakan, rayuan, bahkan ancaman sering terlontar demi terlaksananya apa yang parents minta. “Itu hal yang penting untuk kamu.” Demikian alasan yang sering menjadi pembenar untuk meminta anak melakukan sesuatu.

 

Yuk tonton film pendek karya Vidya Ajeng dan Ade Kusuma berjudul “Kaca Berkaca” berikut ini:

 

Pada film pendek tersebut terlihat seorang Ibu yang kesusahan mengajak si kecil untuk minum susu dan mandi. Semua rayuannya gagal. Sang Ibu diam, sedikit cemberut, dengan dan bergumam di depan kaca. Ia mencoba menghilangkan penat sejenak.

 

Lelah mengurus rumah, membuatnya lupa mengurus diri. Ibu tersebut mulai membersihkan wajah, hingga memakai losion. Tanpa dia sangka, si kecil memerhatikan, lalu mulai mengikuti tindakannya. Hingga perlahan si kecil mau diajak membersihkan diri dan menjadi cantik.

 

Perintah Ibu tadi gagal saat tanpa tindakan, namun saat ia melakukan di depan si kecil ternyata lebih mempunyai kuasa (powerful).

Parents, mungkin anak-anak Kita seperti si kecil dalam film pendek tersebut ya? Mereka lebih mudah meniru langsung apa yang parents lakukan di depan mereka. Daripada apa yang parents katakan. Kiranya film pendek ini dapat mengingatkan bahwa pola teladan lebih berkuasa. Mari menjadi orang tua yang takut akan Tuhan. Agar apa yang Kita katakan dan lakukan di depan anak-anak dapat menjadi pedoman bagi buah hati tercinta.

 

Mazmur 103:13

Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya,

demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Bagikan Pendapatmu