Anak Susah Atur Waktu? Tips ini Bisa Ditiru

Terlalu banyak aktivitas merenggut kemampuan anak untuk mengatur waktu dengan baik. Prioritas terabaikan, tanggung jawab utama terlupakan.

Padahal anak sangat membutuhkan kemampuan time management  ini untuk seterusnya dalalm kehidupannya.

Lalu bagaimana tips membantu anak mengatur waktu?

1.    Buat list atau daftar kegiatan
Ajar anak untuk membuat  list atau daftar kegiatan-kegiatan apa saja yang harus mereka lakukan dalam kurun waktu tertentu, satu minggu misalnya.
 
2.    Atur prioritas
Setelah daftar tersebut dibuat, ajar anak untuk menentukan kegiatan mana yang penting dan yang harus segera dilaksanakan, lalu kegiatan mana yang dapat dilakukan menyusul. Latih anak sejak dini untuk membuat skala prioritas.
 
3.    Dampingi anak dalam melaksanakan apa yang sudah direncanakan
Setelah membuat skala prioritas, dampingi anak untuk menentukan kapan waktu pelaksanaan  tiap-tiap kegiatan yang telah disusun tadi.

4.    Segera laksanakan, jangan tunda
Biasakan anak untuk tidak menunda apa yang harus dilakukan. Pengaturan waktu hanya akan menjadi teori jika tidak segera dilaksanakan.

Latihan mengatur waktu ini merupakan salah satu kegiatan dalam character camp SD Kristen Dharma Mulya yang diadakan tanggal 1-3 Oktober 2019 di Griya Kusuma Indah, Pacet. Anak-anak mempraktikkan langsung melalui beberapa rangkaian permainan sebagai aplikasi teori.

Yuk, #BerubahMulaiSekarang, belajar mengatur dengan baik!

 

Video inspiratif lain yang perlu parents saksikan:

Tak Lagi Berteman Sepi ala Milenial

Cara Asyik Membuat Gelembung Sabun Bersama Anak

Pewarna Kue Bisa Jadi Ide Belajar Daun? Ini Caranya